Kamis, 12 November 2020

Kelahiran Sebelum Kelahiran?

 Renungan, Bukan Kesimpulan


Fsikolog terkenal, Carl Jung mengatakan,  “Seringkali, hidup yang saya jalani tampak seperti sebuah kisah yang tak memiliki awal atau akhir. Saya merasakan bahwa saya adalah sebuah fragmen historis, sebuah petikan yang telah kehilangan teks awal dan akhir. ..."

"... Saya dapat membayangkan dengan baik bahwa saya mungkin pernah hidup di abad-abad sebelumnya dan menghadapi persoalan-persoalan yang belum dapat saya jawab, sehingga saya harus dilahirkan kembali karena belum pernah melaksanakan kewajiban yang diberikan kepada saya.”


Apa yang diungkapkan Carl Jung di atas mungkin juga pernah membisik di benak Anda. Apakah hal ini menguatkan prinsip reinkarnasi? Wallahu A'lam. 

Terlepas dari kepercayaan yang dianutnya, Jung menyampaikan pada kita bahwa ia sering merasa (seakan) dirinya sudah pernah hadir di suatu masa jauh sebelum ia dilahirkan. Jung merasa dirinya jauh lebih tua jika dibandingkan umur biologisnya. 

Kini Jung sudah meninggal, boleh jadi sekarang beliau sudah menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya.

Tidak ada komentar:

Indonesia Harus Damai

Kunci Surga Yang Tertukar (?)

Sumber Gambar : Grid Kids-Grid.Id. Ketika mulut mengucapkan "tiada ilaah kecuali Allah", pada saat yang sama hati harus membuktika...

Gusdur