Rabu, 11 November 2020

Revolusi Akhlak, Mungkinkah?

    




                              Sumber Gambar  : Kumparan.Com        

 

Merevolusi Akhlak




Malaikat saja protes kok


Lho … protes gimana?


Keberatan kalo manusia dijadikan khalifah di muka bumi


Kenapa?


Sebab, menurut prediksi malaikat, manusia hanya akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah di muka bumi ini


Memang tabi’at manusia begitu? Eehm … maksudnya, karakter asli manusia itu cenderung membuat kerusakan dan saling berperang?


Ya dan tidak.


   Ya, manusia akan merusak dan saling menghancurkan jika mereka menuhankan dan mengikuti hawa nafsunya

   Tidak, manusia bisa menjadi baik jika mampu mengendalikan hawa nafsumya



Berarti prediksi malaikat salah donk?


Itulah makna jawaban Tuhan kepada mereka : “Aku lebih mengetahui apa-apa yang kalian tidak ketahui”.Tapi ada juga tuch yang relevan dengan prediksi malaikat itu …


Yang mana yang relevan?


Ya kan pada faktanya banyak manusia yang kerjanya mengikuti hawa nafsu dan membuat kerusakan serta menumpahkan darah saudara-saudaranya di muka bumi ini. Bahkan mereka tidak hanya merusak sesamanya, mereka juga merusak daratan, lautan, dan perut bumi.


Tapi banyak juga kan manusia yang baik?


Itu yang malaikat belum tahu Padahal yang namanya manusia itu berpotensi pada dua sisi kemungkinan, bisa menjadi baik  juga bisa menjadi jahat. Makhluk manusia yang berpotensi dua sisi inilah yang dijadikan Tuhan sebagai khalifah di muka bumi ini.

Hukum alamnya memang begitu kok, manusia ada yang baik, ada pula yang jahat. Mereka saling berhadapan antara satu dengan lainnya. Orang-orang baik selalu cenderung mengajak sesamanya kepada kepaikan. Sebalikanya para pengikut hawa nafsu cenderung memusuhi orang-orang yang baik.


Bisakah semua orang (manusia) dipaksa menjadi baik?


Manusia diberi kebebasan memilih


Lantas apa perlunya revolusi akhlak?


Revolusi akhlak itu penting bagi orang-orang baik yang ingin terus menjaga kebaikan akhlaknya. Revolusi akhlak juga penting bagi orang-orang yang belum baik tapi ingin merubahnya menjadi berakhlak baik.

Revolusi akhlak memang sangat diperlukan. Berubah cepat untuk berhijrah dari akhlak yang buruk menuju akhlak yang baik itu perlu segera dimulai, mengingat sangat singkatnya waktu (kesempatan) di dunia ini. Lebih cepat lebih baik. Kalo tidak sekarang, kapan lagi? Nanti keburu abis waktu donk


Oooh iya ya

Tidak ada komentar:

Indonesia Harus Damai

Kunci Surga Yang Tertukar (?)

Sumber Gambar : Grid Kids-Grid.Id. Ketika mulut mengucapkan "tiada ilaah kecuali Allah", pada saat yang sama hati harus membuktika...

Gusdur